Saturday, January 12, 2013

Definisi Komunikasi

-->
Secara etimologis komunikasi berasal dari kata communicato yang diturunkan dari kata communis yang berarti membuat kebersamaan atau membangun kebersamaan antara dua orang atau lebih. Beberapa ahli mendifinisikan komunikasi menurut sudut pandang masing-masing, sebagai berikut:
1.        Menurut Everett M. Rogers, Komunikasi adalah proses dimana suatu ide diahlikan dari sumber kepada suatu penerima atau lebih, dengan maksud untuk mengubah tingkah laku mereka.
2.        Menurut Raymond S. Ross, Komunikasi adalah suatu proses menyotir, memilih dan mengirimkan simbol-simbol sedemikian rupa sehingga membantu pendengar membangkitkan makna atai respons dari pikirannya yang serupa dengan komunikator.
3.        Menurut Hovland, Jenis & Kelly, Komunikasi adalah suatu proses melalui mana seseorang (komunikator) menyampaikan stimulus (biasanya dalam bentuk kata-kata) dengan tujuan mengubah atau membentuk perilaku orang lainnya.
4.        Menurut Berelson & Steiner, Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi, gagasan, emosi, keahlian dan lain-lain. Melalui penggunaan simbol-simbol seperti kata-kata, gambar-gambar, angka-angka dan lain-lain.
5.        Menurut Gode, Komunikasi adalah suatu proses yang membuat sesuatu dari semula yang dimiliki oleh seseorang (monopoli seseorang) menjadi dimiliki dua orang atau lebih.
Dari definisi-definisi di atas dapat disimpulkan bahwa komunikasi merupakan suatu proses pemyampaian pesan dari komunikator (pengirim pesan) kepada komunikan (penerima pesan) dengan lambang-lambang yang berarti.

Sumber:
Mulyana, Dedy. 2005. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Rosda Karya
Vardiansyah, Dani. 2008. Filsafat Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Jakarta: PT. INDEKS.

No comments: